Minggu, 18 Oktober 2015

Rencana pelaksanaan layanan Bimbingan Klasikal





RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN
BIMBINGAN KLASIKAL
A.    Topik Permasalahan    : Mengenal cara Belajar secara Efektif
B.     Bidang Bimbingan      : Belajar
C.     Jenis Layanan              : Informasi
D.    Fungsi Kegiatan          : Pemahaman, dan Pencegahan
E.     Tujuan layanan            :
Setelah mendapatkan layanan ini peserta didik diharapkan dapat :
1.      Menjelaskan pengertian Belajar Efektif.
2.      Mengidefentifikasi ciri-ciri orang yang mampu Belajar secara efektif.
3.      Menjelaskan cara dan kiat-kiat Belajar Efektif
F.      Sasaran Layanan         :Siswa kelas X SMA N 1 TULAKAN
G.    Uraian Kegiatan dan Materi Layanan :
No
Tahapan dan Waktu
Kegiatan
Nilai Karakter
Pembimbing
Siswa
1

Pendahuluan
( 5 menit )
a.    Memberi salam
b.    Memeperkenalkan diri dan membina hubungan baik dengan siswa.
c.    Apersepsi (memeberi kesempatan kepada siswa mengungkapkan pengalaman yang relevan dengan topik.
d.   Menyampaikan maksud dan tujuan kegiatan ini dilakukan.
a.    Menjawab salam
b.    Mennaggapi dan memeperhatikan


c.    Aktif memperhatikan dan mengungkap pangalaman yang relevan dengan topik.
d.   Aktif memerhatikan dan diberi kesempatan mananggapi





Peduli
Santun
Disiplin
Kreativitas
2
Inti
( 30 menit )
a.       Mengamati (learning to know) berfikir


Berfikir logis

Mengajak mengamati gambar dalam tayangan video tentang belajar yang efektif
Berfikir dan mengungkapkan pemahamannnya tentang video yang menggambarkan siswa yang belajar efektif
b.      Menanyakan (learning to know) merasakan


Berempati
Mengajak siswa untuk berempati dan kesediaan membantu siswa dalam belajar efektif
Ikut merasakan menanggapi dan mengungkapkan niatnya untuk membantu siswa lain dalam belajar efektif.
c.       Mengumpukan informasi (learnig to know) bersikap


Berfikir logis
Kreativitas
Menanyakan dan dilanjutkan dengan menjelaskan tentang pengertian, ciri-ciri dan cara belajar efektif.
Mengumpulakn informasi, menjawab dan memprhatikan penjelasan tentang pengertian, ciri-ciri dan cara belajar efektif.
d.      Mangasosiasi (learning to do) bertindak

Tanggung Jawab
Memberi kesempatan kepada siswa untuk mengkritisi dan menilai tentang belajar efektif
Mengkritisi dan menilai tentang belajar yang efektif
e.       Mengkomunikasikan rencana tindakan (learning to live together) bertanggung jawab

Mengajak siswa merencanakan tindakan membantu siswa agar mampu belajar efektif
Mengungkapkan rencana tindakan untuk membantu siswa mampu belajar efektif.

3. Penutup
(10 menit)
a.       mengajak siswa membuat ringkasan materi
b.      memberikan penilaian segera dengan menanyakan UCA
c.       memeberi umpan balik
d.      melaksanakan tindak lanjut
a.       Membuat ringkasan materi
b.      memperhatikan dan menanggapi


c.       menerima umpan balik
d.      menerima tindak lanjut


H.      Materi Layanan                            : Terlampir
I.         Metode                                         : Ceramah, Diskusi dan Tanya Jawab
J.         Tempat Penyelenggaraan : Ruang Kelas
K.      Alokasi Waktu                            
1.      Hari, Tanggal                         : Selasa, 06 Oktober 2015
2.      Waktu                                                : 1 x 45 menit
3.      Biaya                                      : Mandiri
L.       Penyelenggara Layanan               : Guru BK
M.     Pihak yang diikutsertakan dalam
Layanan dan Peranannya             :
N.      Alat dan Perlengkapan                 :
1.      Media Bimbingan                  : video
2.      Sumber Materi                       :
O.      Rencana Penilaian atau Evaluasi  :
1.      Penilaian Proses        : Mengamati dan memperhatikan kesungguhan,
  keaktifan, dan keantusiasan siswa dalam mengikuti
layanan.
2.      Penilaian Hasil          :
a.         Laiseg                : Mengevaluasi penguasaan materi melalui tanya
jawab.
O.        Analisis                        : dari hasil evaluasi / penilaian dapat disimpulakan bahwa :
1.      Dari penilaian / evaluasi diketahui tingkat pencapaian materi dan pencapaian tujuan layanan
2.      Analisis kegiatan untuk diketahui hambatan dan dukungan dalam pencapaian tujuan layanan


P.         Tindak Lanjut : Konseling individu bagi siswa yang tidak mampu menerima keadaan dirinya.
Q.        Keterkaitan Layanan dengan Layanan  Kegiatan Pendukung : Himpunan Data sebagai sumber dalampemberian materi layanan terhadap siswa.
R.        Catatan Khusus                                  :       - 
.........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................










Semarang ,06 Oktober 2015
    Mengetahui                                                            
Kepala sekolah                                                                                                Yuliantika






Tidak ada komentar:

Posting Komentar